Selasa, 30 April 2013

Teman

Teman adalah orang-orang disekeliling anda yang anda kenal, yang dapat membantu anda disaat anda butuh. Walau tidak di setiap waktu mereka bisa membantu namun setidaknya beberapa kali mereka bisa meluangkan waktu untuk membantu anda. Entah dengan segi materi, jasa atau bahkan doa. Yang jelas kita tidak boleh berprasangka buruk bilamana ada teman kita yang tidak dapat membantu kita disaat kita selalu membutuhkan dia. Mungkin teman kita juga sedang menghadapi masalah, bahkan masalah yang lebih berat dari kita. Teman itu adalah suatu bagian hidup. Jika kalian menghargai teman, maka teman juga akan menghargai anda. Waktu yang dibutuhkan untuk timbal balik seperti itu bervariasi, ada yang cepat juga ada yang memakan waktu yang lama. Lebih dari teman ada sahabat. Sahabat adalah tingkatan level selanjutnya dari teman. Di tingkatan ini adalah orang-orang yang biasanya meluangkan waktu yang tidak sedikit dengan anda, rela berkorban demi anda dan hampir setiap saat ada untuk anda. Kalau saya sendiri adalah teman dan sahabat yang tidak baik untuk orang lain, karena saya masih mudah untuk menyimpan dendam dan perhitungan atas apa yang telah dilakukan orang terhadap saya, bahkan apabila itu adalah sahabat saya sendiri. Untuk berteman saja saya akan memandang dahulu bahwa orang tersebut pantas atau tidak untuk menjadi teman saya. Namun bila ada orang yang mencoba menjadi teman saya, saya tidak pernah menutup pintu bagi mereka, tapi perhitungan dan dendam tetap berjalan di baliknya. Dahulu saya berfikir teman haruslah orang yang baik untuk saya, namun sekarang saya mengerti bahwa kebaikan orang itu tidak bisa diperlihatkan secara langsung, mereka butuh waktu yang lama. Sifat-sifat menjengkelkan ataupun tidak asik kerap ada disetiap benar manusia bahkan diri saya sendiri, tingkatan levelnya pun berbeda-beda. Namun terkadang ada teman yang sangat menjengkelkan namun dia bisa melakukan yang teman lain tidak dapat lakukan. Maka intinya untuk berteman jangan lihat manusia dari penampilan atau perilaku awalnya saja, butuh waktu lama untuk mengetahui kebenaran jati diri seseorang. Cari teman sebanyak-banyaknya, maka hidup anda akan mudah di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar